Baca Berita

Hadiri STQ Tingkat Desa Numbing, Ka. KUA Kec. Bintan Pesisir Pesan Jadikan Ini Ajang Pembinaan Bukan Mencari Juara

Berita

(Kemenag Bintan) - Selasa (29/11/2022), Pemerintah Desa Numbing Kecamatan Bintan Pesisir menyelenggarakan Kegiatan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Tingkat Desa. Kegiatan tahunan ini sebagaimana biasa diadakan di halaman kantor desa Numbing.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Kepala Desa Numbing Sapari, Kepala KUA (Kantor Urusan Agama) Kec. Bintan Pesisir, Ketua BPD Fajar Pranata, Kepala TPQ se-Desa Numbing, para santri dan hadir juga tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Dalam sambutan dan arahannya Plt. Kepala Desa Numbing menyampaikan laporan bahwa jumlah santri yang ikut dalam kegiatan seleksi tahun ini 48 orang yang merupakan utusan dari TPQ yan ada di Desa Numbing TPQ Az-Zahra, TPQ Nurul Iman, TPQ al-Ihsan dan TPQ As-Salaam.

Cabang lomba yang akan ditampilkan di antaranya tilawah anak-anak, Tilawah Remaja dan Tilawah Dewasa putra dan putri. Tahfiz Qur'an golongan 1 juz putra dan putri. Dewan hakim atau juri yang akan memberikan penilaian berasal dari Penyuluh Agama Islam Non-PNS dan guru SDN 001 Kec. Bintan Pesisir.

"Semoga Seleksi Tilawatil Qur'an akan menghasilkan para juara dan santri berprestasi. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah menyiapkan acara ini dengan baik dan maksimal.  Semoga kegiatan ini menjadi penyemangat bagi kita semua. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir,” ungkap Sapari saat memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi.

Kepala KUA Kec. Bintan Pesisir Ramli Hamid saat memberikan arahan sebelum acara lomba dilaksanakan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Numbing yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan keagamaan seperti ini sangat penting bagi masyarakat karena bagian dari pembinaan. 

“Kami mengajak kepada semua pihak terutama kepada seluruh peserta, mari jadikan STQ ini sebagai ajang pembinaan, bukan mencari juara, agar kedepan menjadi lebih baik lagi. Adapun bagi para peserta yang berprestasi dan mendapatkan hadiah itu merupakan sebuah penghargaan untuk kita semua,” ujar Ramli.

“Peningkatan kualitas qari dan qari'ah harus mendapat dukungan dan kerja sama antara pemerintah,  TPQ, dan orang tua wali murid.  Semoga di Kecamatan Bintan Pesisir terdapat qari dan qariah yang berkualitas yang berasal dari Desa Numbing. Karena saat ini sangat sulit mendapatkan peserta STQ untuk di tingkat kabupaten,” tandasnya. (ramli/AP)

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan