Baca Berita

Hadiri Pembentukan Rumah Tahfiz Qur'an Al-Ma'ruf, Ka. KUA Bintan Pesisir Harap Dukungan Masyarakat

Berita

(Kemenag Bintan) -  Masjid Besar Al-Ma'ruf Kecamatan Bintan Pesisir membangun kerja sama dengan Yayasan Pendidikan Islam Umar Ismail (YAPIS UMAIS) Natuna mendirikan Rumah Tahfiz Qur'an (RTQ Al-Ma'ruf) yang berlokasi di Desa Kelong. Launching RTQ Al-Ma’ruf tersebut diadakan di ruang utama Masjid Besar Al-Ma'ruf, Selasa (28/12/21).

Hadir dalam acara tersebut Camat Bintan Pesisir, Kepala KUA Kec. Bintan Pesisir, Kepala Desa Kelong, Ketua BPD Desa Kelong, Ketua dan Imam Masjid Besar Al-Ma'ruf, pengurus FKPQ kecamatan, serta ustaz dan ustazah yang tergabung dalam FKPQ. Dari pihak yayasan UMAIS Natuna hadir H. Naharuddin, dan Ketua Umum H. Muhammadi serta rombongan.

Acara diawali dengan pembacaan kalam ilahi, dilanjutkan dengan kata sambutan Ketua FKPQ Bintan Pesisir yang diwakili yaitu Miskiah. Ia sangat bersyukur dan berterima kasih kepada yayasan karena telah memenuhi harapan masyarakat untuk mendatangkan guru Tahfiz guna membina generasi muda Islam yang ada di Desa Kelong khususnya, dan Bintan Pesisir pada umumnya.

Ketua Umum Yayasan UMAIS Natuna yaitu, H. Muhammadi, dalam kesempatan itu menyampaikan sangat bersyukur dan berterima kasih karena telah diterima dan disambut dengan sangat ramah penuh dengan kehangatan dalam suasana kekeluargaan. Ia menjelaskan bahwa kehadirannya di Desa Kelong ini dalam rangka dakwah membina masyarakat pesisir agar menjadi generasi yang qur'ani.

“Ini merupakan program unggulan kami yakni mendirikan Rumah Tahfiz Qur'an di seluruh wilayah Provinsi Kepri dan menempatkan atau menugaskan para hafiz qur'an untuk melakukan pembinaan,” ucap Muhammadi.

Sebagai informasi, Yayasan UMAIS Natuna menugaskan 1 orang guru tahfiz atas nama Achmad Ridwan yang merupakan hafiz 30 juz Al-Qur'an. Mereka juga memberikan bantuan berupa 10 buah kitab suci Al-Qur'an tahfiz. RTQ Al-Ma'ruf yang baru saja didirikan saat itu langsung mendapatkan santunan berupa uang tunai 2 juta rupiah dan beras 50 Kg untuk keperluan tenaga pendidik tahfiz yang ditugaskan di Desa Kelong.

Dalam sambutannya, Kepala KUA Bintan Pesisir, H. Ramli Hamid, menyatakan apresiasi atas berdirinya RTQ Al-Ma'ruf Desa Kelong. Ia berharap melalui RTQ ini semoga kedepannya dapat melahirkan para hafiz qur'an sehingga terwujud masyarakat dan generasi muda yang qur'ani.

“Semoga ustaz yang telah ditugaskan oleh yayasan akan betah mengabdikan ilmunya di Desa Kelong ini. Ini juga menjadi tugas kita untuk mendukung dan membuat ustaz atau guru kita ini betah tinggal dan mengabdi di Desa Kelong,” seru Ramli kepada para hadirin.

"Kedatangan ustaz tahfiz Qur’an di kampung kita ini adalah sebuah keberkahan dari Allah Swt karena yang akan mendekatkan masyarakat kepada Al-Qur'an. Melalui pengajaran ustaz juga bisa menjadi jalan yang menjadikan generasi muda kita, sahabat-sahabat Al-Qur'an, mendapat syafaatnya kelak di alam barzah dan di hari kiamat nanti. Apapun kesulitan dan kendala yang nanti dihadapi hendaknya kita musyawarahkan,” tambahnya.

Pembentukan RTQ Al-Ma'ruf ini mendapat dukungan penuh oleh Pemerintah Desa Kelong dan Pemerintah Kecamatan Bintan Pesisir.  Saat itu, Camat Bintan Pesisir Julpri Ardani dalam sambutannya, sangat mendukung program Rumah Tahfiz Qur'an ini. Ia berharap masyarakat mendukung dengan maksimal jangan sampai nanti ustaz tahfiz terlantar karena tidak mendapat dukungan dari masyarakat.

“Semoga rumah tahfiz ini juga nantinya dapat berkembang di desa-desa lainnya seperti Desa Numbing, Air Glubi, dan Desa Mapur, sehingga generasi muda Kecamatan Bintan Pesisir menjadi lebih baik dan berakhlakul karimah,” pungkasnya. (ramli/amilia)

Download File
Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan