Baca Berita

Ketua KBIHU Nurul Haramain Tanjungpinang H. Sabqi Wahab Jelaskan Manasik Haji

Berita

Ketua KBIHU Nurul Haramain Tanjungpinang H. Sabqi Wahab Jelaskan Manasik Haji

 

Kemenag Bintan (Humas)_ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan menghadirkan Ketua Forum KBIHU Kepulauan Riau H. Sabqi Wahab yang juga Ketua KBIHU Nurul Haramain Tanjungpinang sebagai narasumber dalam kegiatan penyuluhan manasik haji sepanjang tahun, Selasa, 5 September 2023.

 

H. Sabqi meminta kepada jemaah untuk mempersiapkan keberangkatan haji dengan sebaik-baiknya.

 

Persiapan sebelum pemberangkatan haji dilakukan untuk membersihkan diri/taubat, menyambung silaturahmi, membayar hutang, bekal harta yang halal, mempelajari ilmu agama/ manasik haji, memantapkan niat prinsip dasar umrah dan haji, ibadah haji dan umrah bersifat fisik.

 

Haji dan umrah masing-masing berdiri sendiri. Haji dilakukan pada bulan-bulan haji, umrah dilakukan kapan saja kecuali pada hari arafah dan hari-hari tasriq. Haji dan umrah diwajibkan bagi yang mampu, sekali seumur hidup, penggabungan haji dan umrah pada bulan haji, wajib membayar dam, wanita yang haid atau nifas boleh melakukan semua amalan haji kecuali thawaf.

 

Haji ialah berkunjung ke baitullah, untuk melakukan beberapa amalan antara lain, wukuf, tawaf, sa’i dan amalan lainnya pada masa tertentu demi memenuhi panggilan Allah dan mengharapkan ridho Allah.

 

Umroh ialah berkunjung ke baitullah, untuk melakukan tawaf, sa’i dan bercukur demi mengharapkan ridho Allah. Keuntungan ibadah haji antara lain bertambah pengalaman, nafkah disamakan infaq fisabilillah, pahala ibadah dilipat gandakan, mendapatkan tempat yang mustajab untuk berdo’a dosanya diampuni, hatinya bertambah sakinah.

 

Untuk miqat jamaah haji indonesia gelombang I di Bir Ali/Dzulhulaifah dan gelombang II di Jeddah (airport King Abdul Aziz) sesuai dengan keputusan Komisi Fatwa MUI tahun 1980 yang dikukuhkan tahun 1981, fatwa Ibnu Hajar al Haitami berdasarkan jarak Jeddah/King Abd. Aziz International Airport dengan melebihi dua marhalah untuk mazhab Hanafi dan Maliki berpendapat bagi jemaah haji yang melewati dua miqat dapat memulai ihramnya dari miqat yang kedua, kenyataannya jemaah haji Indonesia melalui dua miqat / dua garis miqat.

 

Ketentuan pakaian ihram bagi pria dua lembar kain tidak berjahit/tidak bertangkup (satu lembar disarungkan dan satu lembar diselendangkan di bahu). Bagi wanita pakaian salat/busana muslimimah (menutup semua anggota badan, kecuali muka dan kedua telapak tangan).

 

Persiapan sebelum ihram

-  mandi

-  memakai minyak wangi

-  menyisir rambut

-  memotong kuku

-  shalat sunnah ihram

Niat ihram

-  bagi yang ihram umrah

-  bagi yang ihram haji

-  bagi yang ihram haji dan umrah

 

Larangan pantang ihram

Bagi pria memakai pakian berjahit, memakai sepatu yang menutupi mata kaki, menutupi kepala dengan barang yang melekat.

Bagi wanita berkaos tangan (menutup telapak tangan), dan menutup muka.

 

Jemaah juga mendapatkan penjelasan tentang tahalul, dam dan rangkaian ibadah lainnya termasuk Ziarah.

 

Prahum_Hatiman

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan