Baca Berita

Kakan Kemenag Bintan Buka Kegiatan Penyuluhan Manasik Sepanjang Tahun

Berita

Kakan Kemenag Bintan Buka Kegiatan Penyuluhan Manasik Sepanjang Tahun

 

Kemenag Bintan (Humas)_ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan menyelenggarakan penyuluhan manasik haji sepanjang tahun untuk tahun anggaran 2023. Kegiatan dilaksanakan di aula BPMP Kepulauan Riau, Ceruk Ijjuk Bintan, Selasa, 5 September 2023.

 

Kegiatan mengangkat tema “Kita wujudkan kemandirian jemaah dalam pelaksanaan ibadah haji”.

 

Dalam laporannya, Ketua Panitia Penyelenggara, Marwan mengatakan kegiatan penyuluhan manasik haji sepanjang tahun kali ini digelar untuk jemaah haji yang mendaftar pada tahun 2013 dan 2014.

 

Marwan mengatakan penyuluhan manasik haji sepanjang tahun tersebut merupakan rangkaian kegiatan bersama yang telah tertuang dalam keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 250 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyuluhan Manasik Sepanjang Tahun.

 

Kegiatan melibatkan banyak pihak, pemerintah berupaya melakukan inovasi dengan memperluas cakupan bimbingan manasik yang tidak lagi hanya berfokus kepada jemaah haji tahun berjalan, namun juga kepada jemaah waiting list.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin dalam arahannya menyebutkan tujuan kegiatan adalah untuk membekali jemaah haji dengan pengetahuan ibadah haji sejak dini. Di tengah semakin panjangnya antrian jemaah haji maka dilakukan kegiatan penyuluhan kepada jemaah haji waiting list untuk membentuk ikatan silaturahmi yang kuat antara pemerintah dengan jemaah dan antara jemaah dengan jemaah sebelum berangkat ke tanah suci.

 

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kemandirian dan ketahanan jemaah haji bagi jemaah waiting list mendapatkan pengetahuan tentang ibadah haji dan untuk menambah khazanah pengetahuan bagi peserta, maka nantinya akan disampaikan oleh para narasumber yang memiliki ilmu pengetahuan tentang prosesi pelaksanaan ibadah haji,” ujar Erman.

 

Erman meminta jemaah haji untuk tetap menjaga istithoah kesehatan jemaah haji karena kesehatan akan menjadi faktor utama selain manasik haji yang paripurna.

 

Sebagai gambaran, penyelenggaraan ibadah haji Kabupaten Bintan tahun lalu berjalan lancar dan sukses.

 

“Semoga semua dapat melaksnakan ibadah haji di tanah suci,” imbuh Erman.

 

Kegiatan melibatkan 231 peserta jemaah haji yang terdiri dari,

Kecamatan Bintan Timur 106 jemaah,

Bintan Utara 48 jemaah,

Telok Sebong 12 jemaah,

Toapaya 18 jemaah,

Mantang 3 jemaah,

Tambelan 5 jemaah,

Teluk Bintan 3 jemaah,

Gunung Kijang 23 jemaah,

Seri Kuala Lobam 12 jemaah,

Bintan Pesisir 1 jemaah.

 

Hadir dalam kegiatan Kabid PHU Kemenag Kepri, Anggota DPRD Kabupaten Bintan, para pejabat pengawas, dan jemaah haji yang menjadi peserta.

 

Adapun narasumber yang dihadirkan Kabid PHU Kanwil Kemenag Kepri, H. Muhammad Syafi’i, Pengelola KBIHU Kepulauan Riau H. Sabqi, Kepala RSUD Kabupaten Bintan, Dokter Bambang Utoyo dan Praktisi Haji, Dokter H. Adrian Taufiq.

 

Prahum_Hatiman

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan