Baca Berita

Profesor Nurul Huda Uraikan Perkembangan Perwakafan di Tanah Air

Berita

Profesor Nurul Huda Uraikan Perkembangan Perwakafan di Tanah Air

 

Kemenag Bintan (Humas)-- Komisioner BWI Pusat, Profesor Nurul Huda menyebutkan Nadzir memiliki Kewajiban untuk membangun dan mengembangkan wakaf, menjalankan syarat yang ditetapkan, mempertahankan harta wakaf dari tuntutan pihak lain dalam urusan peradilan, mengusahakan hasil maksimal dari harta wakaf, dan membagikan hasil tersebut kepada yang berhak menerimanya.

 

Harapan masyarakat kepada sistem perwakafan antara lain membangun kepercayaan publik, meningkatkan kapasitas, profesionalitas dan militansi nadzir, harmonisasi kelembagaan dan aspek hukum perwakafan dan kemudahan, keprakrisan dan inovasi produk wakaf.

 

Ada sejumlah pelaung dan tantangan philanthropy Islam. Dia mengatakan peluang yang dimiliki antara lain sifat orang Indonesia yang sangat dermawan, jumlah kelas menengah yang terus meningkat dan kesolehan kelompok milenial.

 

Berdasarkan survey world giving index yang diselenggarakan tahun 2018 – 2022, orang Indonesia adalah orang paling dermawan di dunia. Sementara itu tahun 2036 nanti Indonesia akan menjadi negara dengan angkatan kerja paling produktif di dunia setelah India. Dan Varkey sudah melakukan survey terhadap 20 ribu milenial di dunia tentang opini terhadap agama dan kebahagiaan. Opini bahwa agama membawa kebahagiaan tertinggi di Indonesia.

 

Profile Nadzir di Indonesia juga terus mengalami perkembangan. Dimana 66% anatomi Nadzir Nasional merupakan nadzir perorangan, dan 34% nadzir perkumpulan. Nadzir terus dikembangkan setidaknya dalam tiga komponen antara lain skills, Pengetahuan dan attitude.

 

Dia mencontohkan perwakafan yang sukses diberbagai negara. Misalnya lembaga Al Azhar di Cairo, Mesir yang berhasil mengelola wakaf sehingga bukan saja sukses memberikan fasilitas pendidikan yang berkualitas tetapi juga sering membantu negara ketika anggaran negara sedang mengalami deficit. Begitu juga di perwakafan di Malaysia yang sukses dalam berbagai bidang.

 

Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan