Baca Berita

Hadiri Rakor Baznas Bintan, Erman Zaruddin Dorong Baznas Bintan Lahirkan Inovasi

Berita

Hadiri Rakor Baznas Bintan, Erman Zaruddin Dorong Baznas Bintan Lahirkan Inovasi

 

Kemenag Bintan (Humas)—Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Unit Pengumpul Zakat Kecamatan se Kabupaten Bintan dengan tema “Optimalisasi Penghimpunan Zakat Untuk Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Bintan”. Kegiatan dilaksanakan kantor Baznas Kabupaten Bintan, Ceruk Ijuk, Kamis, 7 Desember 2023.

 

Hadir dalam Rakor antara lain Kakan Kemenag Bintan, Kabag Kesra Pemkab Bintan, Ketua Baznas Bintan beserta para komisioner, Penyelenggara Zawa Kantor Kemenag Bintan, para pimpinan UPZ Kecamatan se Kabupaten Bintan dan undangan.

 

Dalam laporannya, Ketua Baznas Kabupaten Bintan, H. Suryono mengatakan setiap bulan Baznas Bintan mampu menghimpun dana zakat sebesar Rp.250juta. Sementara khusus untuk penggalangan dana kemanusiaan Palestina sudah tersalurkan sebesar Rp.122 juta yang telah disalurkan melalui Baznas Provinsi Kepulauan Riau.

 

Baznas Kabupaten Bintan juga sudah diaudit oleh KAP untuk pelaporan tahun 2022 dengan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). “Masih ada satu indikator yang belum terpenuhi yaitu terkait dengan imbalan jasa kerja. Hasil-hasil audit akan kita perbaiki dan tingkatkan sehingga tahun depan kita sudah WTP,” kata Suryono.

 

Suryono mengatakan Rakor menghadirkan 20 peserta yang merupakan pengelola UPZ di Kabupaten Bintan.

 

Dalam arahannya, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengapresiasi tata kelola zakat di Kabupaten Bintan yang sudah semakin baik. Dia juga mengapresiasi komisioner Baznas yang terpilih karena memenuhi persyaratan yang ditentukan.

 

Tata kelola zakat di Bintan juga sudah mendapatkan dukungan yang cukup memadai dari Pemkab Bintan dengan lahirnya Peraturan Bupati Bintan Nomor 23 tahun 2022 sehingga penghimpunan zakat dari ASN Pemkab Bintan semakin optimal.

 

“Kita juga mengapresiasi yang besar kepada Bupati Bintan yang sudah menjadi contoh dengan menyumbangkan gajinya setiap bulan kepada Baznas Bintan untuk kepentingan umat. Agar gaungnya semakin terasa bahwa Bupati Bintan yang sudah ditetapkan sebagai Duta Zakat Kabupaten Bintan kita perlu melakukan inovasi dengan mendiseminasikan informasi tersebut kepada masyarakat sehingga masyarakat Bintan semakin bersemangat dalam menunaikan zakat,” ujar Erman Zaruddin memberikan saran.

 

Erman berpesan kepada Baznas Bintan untuk terus mendukung transparansi dan keterbukaan informasi tata kelola zakat kepada Pemerintah, DPRD dan masyarakat Bintan secara berkala. Erman juga menyarankan perlunya dilakukan studi banding ke luar negeri, misalnya ke Selangor yang memiliki lembaga pengelola zakat yang profesional.

 

“Di Selangor setidaknya terdapat 300 relawan yang melakukan penghimpunan zakat sehingga penghimpunan dan distribusinya semakin optimal. Mereka juga sudah memiliki gedung yang multifungsi dan banyak membantu orang-orang miskin yang membutuhkan bantuan terutama bantuan pengobatan jika sakit,” imbuhnya.

 

Para muallaf di Bintan juga diharapkan menjadi perhatian Baznas Bintan. Erman mengatakan para muallaf perlu mendapatkan hak-haknya sesuai dengan ketentuan. Agar lebih tepat sasaran Baznas bisa berkolaborasi dengan KUA Kecamatan di Bintan untuk mengupdate data muallaf setiap bulan.

 

“Posisikan Baznas sebagai pembina muallaf. Kita bisa mengundang guru-guru untuk mengajarkan pendidikan agama kepada para muallaf di Bintan sehingga ilmu, iman dan ketaqwaannya semakin meningkat,” pesannya.

 

“Saya memandang tata kelola data Baznas perlu diperkuat dengan membuat aplikasi sehingga memudahkan dalam penghimpunan, penyeleksian mustahik, muzakki dan distribusinya sehingga tepat sasaran dan semakin transparan. Sisir data di kelurahan dan desa bersama aparat desa sehingga datanya semakin konkrit. Karena trust menjadi kata kunci bagi Baznas dalam aktivitasnya,”

 

Erman juga meminta kepada peserta yang hadir untuk tetap menjaga kondisi kerukunan di Bintan jelang Pemilu 2024.

 

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkab Bintan, H. Nasrullah mengatakan sesuai dengan Undang-Undang, Pemkab Bintan berkomitmen untuk terus memberikan bantuan operasional kepada Baznas setiap tahun. Dia juga tengah mengupayakan optimalisasi penghimpunan zakat bagi ASN Pemkab Bintan terutama bagi ASN golongan I dan II yang belum menunaikan zakatnya di Baznas.

 

“Kami mengapresiasi Baznas Bintan yang sudah melakukan tata kelola zakat dengan baik, tapat sasaran dan berdampak. Terus sampaikan laporan kepada pemerintah dan masyarakat minimal setiap triwulan,” pungkasnya.

 

Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan