Baca Berita

Kakan Kemenag Bintan Ikuti Diklat Peningkatan Kapasitas SDM Kemenag Zona II

Berita

Kakan Kemenag Bintan Ikuti Diklat Peningkatan Kapasitas SDM Kemenag Zona II

 

Kemenag Bintan (Humas)—Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin mengikuti kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Kementerian Agama Tingkat Nasional – Zona II. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan proyek Realizing Education’s
Promises – Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) yang digelar oleh Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI di Golden View Hotel, Batam.

 

Kegiatan dilaksanakan Senin (11/12) hingga Kamis (14/12). Kegiatan diikuti oleh para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Sumatera (Zona II).

 

Kepala Kanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto mengawali sambutannya mengatakan Kepulauan Riau merupakan wilayah dengan kondisi geografis berupa lautan seluas 96%. Meski demikian, Mahbub mengatakan lautan menjadi unsur pemersatu.

 

“Meskipun memiliki tantangan sebagai daerah kepulauan, namun berbagai upaya telah kami lakukan untuk meningkatkan kualitas madrasah. Kualitas madrasah tersebut dibuktikan dengan berbagai capaian prestasi yang diraih oleh madrasah di Kepulauan Riau,” kata Mahbub Daryanto.

 

Mahbub menjelaskan hingga saat ini sudah ada tiga madrasah di Kepri yang sudah mengimplementasikan Kurikulum Cambridge, yakni MAN IC Batam, MAN Batam dan MTs Negeri 1 Batam. Bahkan MTs Negeri Batam menjadi satu-satunya madrasah tsanawiyah yang teregistrasi dengan program Cambridge International School di Indonesia.

 

Mahbub menyebutkan, jika madrasah di Batam berfokus pada program Cambridge, madrasah di Tanjungpinang akan difokuskan pada penguatan ilmu keagamaan. “MAN Tanjungpinang sudah menerapkan program amtsilati, ini adalah program pemula belajar membaca dan memahami kitab kuning yang dapat ditempuh selama kurang dari 1 tahun,” tuturnya.

 

Memanfaatkan kesempatan itu, Mahbub juga menyampaikan secara singkat perolehan indeks kerukunan di Kepulauan Riau yang masih menduduki peringkat teratas dalam 2 tahun terakhir ini.

 

Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 11 s.d. 14 Desember 2023. Peserta dibagi ke dalam 3 rombel, masing-masing rombel terdiri dari 46 orang Kepala Kemenag Kabupaten/Kota dari Kepri dan provinsi se-Sumatera. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan