Baca Berita

Kepala Kemenag Bintan Terima Kunjungan Diseminasi Program Unggulan MAN IC Batam

Berita

Kepala Kemenag Bintan Terima Kunjungan Diseminasi Program Unggulan MAN IC Batam

 

Kemenag Batam (Humas)—Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin menerima kunjungan diseminasi program unggulan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Batam, Jumat, 15 Desember 2023. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DWP Kantor Kemenag Bintan, Hj. Ermayati Erman, para pejabat pengawas, pengawas madrasah, Kepala MAN IC Batam, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan MAN IC Batam sebanyak 60 orang.

 

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan MAN IC Batam menjadi mercusuar di pendidikan di Kepulauan Riau. Erman Zaruddin yang merupakan perintis berdirinya MAN IC Batam menceritakan sejarah berdirinya.

 

Waktu itu, kata Erman, pembangunan MAN IC Batam, Kepulauan Riau ditandai dengan peletakan batu pertama gedung dan sarana prasarananya setelah melalui perjuangan yang panjang menunjukkan spirit dan keinginan kuat masyarakat Kepulauan Riau untuk meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan madrasah.

 

Erman yang waktu berdirinya MAN IC Batam berposisi sebagai Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kepri, menjelaskan sesuai cita-citanya MAN IC Batam didesign untuk melahirkan generasi yang berkepribadian unggul yang menyatu dalam diri siswa kemantapan iman, taqwa dan kemampuan dalam bidang sains dan teknologi.

 

“Dengan bangga saya mengatakan MAN IC Batam sudah menunjukkan cita-cita pendirinya menyusul keberhasilan MAN IC terdahulu seperti MAN IC Serpong, Gorontalo dan Jambi. Sejauh ini sudah menunjukkan sebagai tempat untuk membuktikan bahwa bila anak didik mendapatkan kesempatan yang sama, fasilitas yang sama, treatment yang sama maka hasilnya akan relatif sama. Anak-anak kita mampu bersaing baik pada level regional dan internasional,” ujarnya.

 

Erman Zaruddin mengatakan siswa madrasah di Bintan juga sudah menunjukkan kualitasnya, misalnya banyak siswa yang sudah mencatat keberhasilan dalam KSM Nasional 2023, dan sejumlah kompetisi baik lokal, nasional dan internasional.

 

Sementara itu, Kepala MAN IC Batam, Muhammad Kamal mengatakan MAN IC Batam baru saja mencatatkan sejarah sebagai terbaik urutan keempat UTBK nasional. Sementara untuk UTBK Kepulauan Riau, MAN IC Batam sudah menduduki posisi terbaik.

 

“Berkat kerja keras tendik di MAN IC Batam, kita menjuarai KSM Nasional 2023 di Kendari sebagai peraih medali terbanyak. Oktober kemarin siswa MAN IC Batam juga menjuarai Olimpiade APBN Nasional 2023 dan tentunya berbagai prestasi dalam bidang ekstrakurikuler,” sebutnya.

 

Selain mengunjungi Kemenag Bintan, rombongan MAN IC Batam juga mengunjungi MA Madani Bintan. Muhammad Kamal mengatakan banyak tujuan hendak dicapai dalam kunjungannya ke Bintan terutama untuk mengadopsi pelayanan publik dan keunggulan pada lembaga pendidikan lainnya.

 

“Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa. Pada seleksi nasional kami berharap MAN IC Batam akan dibanjiri oleh calon peserta didik dari Kepulauan Riau terutama Bintan,” harapnya.

 

Muhammad Kamal mengungkapkan jika MAN IC Batam sudah mengimplementasi International Cambridge Curriculum. Penerapan kurikulum tersebut juga sudah didukung oleh orang tua peserta didik. Setidaknya 80 peserta sudah ikut dalam program tersebut.

 

Sementara itu pada tahun depan, kata Muhammad Kamal, MAN IC Batam juga akan membuka kran pendaftaran bagi calon peserta didik dari negara-negara Asia Tenggara, misalnya Malaysia dan Thailand.

 

Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan