Baca Berita

Pelaksanaan MTQ Tingkat Desa Air Glubi, Kepala KUA Bintan Pesisir Ajak Peserta Tingkatkan Kualitas Untuk Tingkat Kecamatan

Berita

Pelaksanaan MTQ Tingkat Desa Air Glubi, Kepala KUA Bintan Pesisir Ajak Peserta Tingkatkan Kualitas Untuk Tingkat Kecamatan

 

Kemenag Bintan (Humas)--- Desa Air Glubi memiliki luas daratan 80 km² dan wilayah laut 400 km². Jumlah penduduk mencapai 932 jiwa, empat agama yaitu Islam sebagai agama mayoritas, diikuti oleh Katholik, Kristen dan Budha. Pemeluk Islam mencapai 932 jiwa, Katholik 10 jiwa, Kristen 39 jiwa dan Buddha 7 jiwa. Mata pencaharian penduduk sebagaian besarnya nelayan dan petani. Nama Air Glubi sendiri diambil dari nama buah yang pohonnya hidup di pantai di desa tersebut.

 

Desa Air Glubi terus berbenah untuk menjadi desa maju dan mampu bersaing dengan desa lain yang ada di Bintan Pesisir. Pembangunan dibidang keagamaan tidak luput dari program pemerintah desa. Salah satu kegiatan yang masuk dalam APBDesa Air Glubi adalah kegiatan STQ dan MTQ selain perogram perayaan hari besar Islam. 

 

Kegiatan MTQ Tingkat Desa Air Glubi dilaksanakan pada Ahad, 17 Desember 2023 di Aula Kantor Desa. Kegiatan tersebut diikuti oleh tidak kurang dari 30 peserta untuk 4 cabang lomba yaitu, Tilawah Dewasa, Tilawah Remaja, Tartil dan Syarhil. Pada ajang MTQ tersebut dilombakan juga azan, bacaan shalawat dan qunut. Peserta lomba berasal dari utusan TPQ yang ada di Desa Air Glubi.    

 

Kepada Desa Air Glubi, Jumadil Aswan memberikan sambutan dan membuka secara resmi acara tersebut menyebutkan bahwa MTQ merupakan agenda tahunan yang setiap tahun diadakan dalam APBDes.

 

“Kami dari pemerintah desa bermaksud untuk memajukan pembangunan di bidang keagamaan di desa Air Glubi. Semoga di masa depan lahir generasi islami yang memahami agama dengan baik. Selain itu juga untuk membentengi generasi muda agar tidak mudah terpengaruh terhadap budaya yang dapat merusak akhlak. Kepada para guru dan ustadz, saya ucapkan terimakasih. Teruslah memberikan pengajaran dan pembinaan terhadap murid-murid,” kata Jumadil Aswan.

 

Kepala KUA Bintan Pesisir, H. Ramli Hamid hadir dan menjadi dewan hakim pada kegiatan MTQ tingkat Air Glubi tahun 2023. Menjadi tim penilai atau dewan hakim dan berharap para juara atau peserta terbaik nantinya dapat mewakili Desa Air Glubi di tingkat Kecamatan Bintan Pesisir.

 

“Kepada para peserta yang mendapat juara teruslah belajar dan tingkatkan kualitas. Kepada yang belum untuk lebih giat dalam menuntut ilmu sehingga menjadi lebih baik dan berprestasi di masa depan. Tim Syarhil Qur’an sudah tampil dengan sangat bagus, saya harap dapat mewakili Kecamatan Bintan Pesisir nantinya ke ajang MTQ tingkat Kabupaten Bintan tahun 2024,” harapnya.

 

Ramli. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan