Baca Berita

Majelis Taklim Saudara Baru Toapaya Sukses Gelar Lomba Antar Muallaf

Berita
Majelis Taklim Saudara Baru Toapaya Sukses Gelar Lomba Antar Muallaf

Kemenag Bintan (Humas)-- Majlis Taklim Saudara Baru kecamatan Toapaya mengadakan kegiatan lomba antar muallaf se kecamtan Toapaya pada hari Ahad, 17 Desember 2023 yang lalu. Kegiatan digelar di Kantor Urusan Agama Kecamatan Toapaya. 

Kepala KUA Toapaya, H. Zainal Nahra mengatakan kegiatan ini merupakan hasil musyawarah Majelis Taklim Saudara Baru Kecamatan Toapaya dengan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Toapaya yang merupakan pembina di dalam organisasi tersebut. 

Zainal mengatakan Kepala KUA, penyuluh PNS dan Non PNS yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari lembaga pembinaan tersebut selama ini telah mengambil peran yang penting dalam pembinaan terhadap muallaf di Toapaya. 

Dia menjelaskan pembinaan yang dilakukan tersebut merupakan wujud kolaborasi antara KUA Toapaya dengan Majelis Taklim Saudara Baru Toapaya yang sukses menggelar program pembinaan setiap Minggu. Pembinaan yang dilakukan dengan mengunjungi para anggotanya dari rumah ke rumah yang disejalankan dengan arisan. 

“Pada awalnya pembinaan yang dilakukan setiap Minggu dari desa ke desa, namun berhubung adanya permintaan dari anggota untuk menyelenggarakan pembinaan dari rumah ke rumah maka kegiatan dilaksanakan dilakukan secara bergilir. Memang terasa sekali keakraban yang terjalin jika dilakukan dari rumah ke rumah,” ujar Zainal. 

“Kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Majelis Taklim dan dan panitia lomba yang sukses menyelenggarakan kegiatan ini,” ujarnya lagi. 

Zainal menegaskan perlombaan untuk mengevaluasi efektivitas pembinaan yang dilakukan. Meninjau sejauh mana pemahaman para muallaf terhadap materi ilmu agama yang telah disampaikan. Juga mengevaluasi kinerja para pembina dalam melakukan bimbingan kepada muallaf.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Slamet mengatakan lomba antar muallaf merupakan kegiatan perdana di Kecamatan Toapaya. Kegiatan diikuti oleh 9 orang dari 30 muallaf yang sudah dibina. 

“Sisanya karena adanya kesibukan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan atau sedang berada di luar kota sehingga tidak dapat mengikuti kegiatan. Semoga pada kegiatan lomba di masa mendatang bisa ikut semuanya,” ucap Slamet. 

Di lokasi yang sama, Ketua Majelis Taklim Saudara Baru Kabupaten Bintan, H. Muhammad Ridwan dalam arahannya mengapresiasi kegiatan lomba antar muallaf tersebut. Ridwan berharap meskipun perdana, kegiatan lomba dapat diagendakan secara berkesinambungan. 

“Dengan inovasi pembinaan ini diharapkan muallaf yang kita bina semakin semangat dalam menuntut ilmu agama dan terus belajar dalam rangka memantapkan pemahaman, dan pelaksanaan syariat Islam,” harapnya. 

Cabang yang dilombakan antara lain praktek salat dan hafalan ayat-ayat pendek. Dalam kegiatan tersebut panitia menyediakan kosumsi dan uang transportasi sesuai kemampuan yang dimiliki. Adapun hadiah para pemenang disepakati dibagikan pada hari yang sepakati agar semua muallaf bisa menghadirinya serta diisi dengan agenda kegiatan lainnya.

Zainal. 
Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan