Baca Berita

FKUB Kabupaten Bintan Gelar Rakor FKUB Kecamatan Tahun 2023

Berita

FKUB Kabupaten Bintan Gelar Rakor FKUB Kecamatan Tahun 2023

 

Kemenag Bintan (Humas)—Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bintan menggelar kegiatan Rapat Koordinasi bagi FKUB Kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan. Kegiatan diikuti oleh perwakilan sembilan FKUB Kecamatan se Kabupaten Bintan. Rakor dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Kesra Pemerintah Kabupaten Bintan, H. Nasrullah Aini, Kamis, 28 Desember 2023 di Aula BPMP Kepulauan Riau, Ceruk Ijuk Bintan.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bintan selaku narasumber, H. Muhammad Lukman, Plh. Kepala Kemenag Bintan, H. Muhammad Ridwan, Ketua FKUB Bintan, H. Syamsir beserta pengurus, dan pengurus FKUB Kecamatan se Bintan.

 

Ketua FKUB Kabupaten Bintan, H. Syamsir mengatakan di Provinsi Kepulauan Riau termasuk di Bintan FKUB memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh provinsi lain. Keunikan tersebut adalah pengurus FKUB dibentuk sampai pada level kecamatan. Kabupaten Bintan merupakan daerah yang memiliki kepengurusan FKUB hingga level kecamatan.

 

Terkait dengan kondisi terkini, H. Syamsir meminta pengurus FKUB di Bintan untuk berperan dalam menjaga kondusivitas daerah senantiasa dalam suasana rukun, aman dan damai terutama dalam pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2024.

 

Dia juga mengingatkan semua pihak untuk menjaga suasana kondusif di Bintan terutama jelang Pemilu 2024. Dia mengatakan pilihan yang berbeda hendaknya dilaksanakan dalam suasana rukun, aman dan damai sehingga kerukunan umat beragama tetap terjaga.

 

“FKUB Kabupaten Bintan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melestarikan kerukunan terutama menjelang Pemilu 2024,” ujar Syamsir.

 

Di lokasi yang sama, Plh. Kepala Kemenag Bintan, H. Muhammad Ridwan mengatakan FKUB Kabupaten Bintan berkewajiban untuk merawat kerukunan umat beragama. Sebagai legasi kepemimpinan terdahulu di Kepri yang telah berhasil membentuk kepengurusan FKUB sampai pada level Kecamatan, Ridwan meminta untuk segera dilakukan revitalisasi jika dibutuhkan terutama jika masa kepengurusan FKUB Kecamatan telah berakhir.

 

Dia berharap FKUB Kecamatan di Bintan tetap terjaga eksistensinya. Dia meyakini bahwa peran FKUB pada berbagai level telah mampu menunjukkan kinerjanya dengan tingginya angka indeks kerukunan di Kepulauan Riau secara nasional. Indeks kerukunan di Kepri untuk tahun 2023 sebesar 83,58 dimana dimensi kerjasama mencapai 85,14, sementara dimensi kesetaraan mencapai 83,87 dan indeks toleransi 81,47.

 

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkab Bintan, H. Nasrullah Aini ketika membuka kegiatan mengapresiasi capaian indeks kerukunan yang cukup tinggi. Dia meminta pengurus FKUB tetap menjaga kesatuan dan persatuan bangsa meskipun pilihan berbeda. Pemkab Bintan, katanya, memiliki komitmen yang tinggi untuk membantu kegiatan FKUB Kabupaten Bintan.

 

Sebagai narasumber, Kepala Badan Kesbangpol Bintan, Muhammad Lukman menguraikan peranan pemuka agama dan potensi penyebab intoleransi jelang Pemilu 2024.

 

Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan