Baca Berita

Rakor FKUB Kecamatan se Bintan, Kaban Kesbangpol Bintan Ungkap Peran Pemuka Agama

Berita

Rakor FKUB Kecamatan se Bintan, Kaban Kesbangpol Bintan Ungkap Peran Pemuka Agama

 

Kemenag Bintan (Humas)—Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bintan, H. Muhammad Lukman menjadi satu-satunya narasumber kegiatan Rapat Koordinasi FKUB Kecamatan se Bintan yang dilaksanakan belum lama ini. Kegiatan yang ditaja oleh FKUB Kabupaten Bintan itu dilaksanakan di aula BPMP Kepulauan Riau, Ceruk Ijuk.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Kesra Bintan, Plh. Kepala Kemenag Bintan, Ketua FKUB Bintan beserta pengurus dan seluruh pengurus FKUB Kecamatan se Bintan.

 

Lukman mengatakan peranan pemuka agama sangat strategis dalam pembangunan umat beragama di Bintan. Masyarakat, kata Lukman sudah menempatkan pemuka agama sebagai sumber referensi nasional.

 

Kelompok umat beragama yang dominan menjadi acuan bagi Pemerintah Daerah Bintan dalam menggambarkan rencana penyiaran agama dan pendirian rumah ibadah. Bahkan SKB Menag dan Mendagri Nomor 1 tahun 1969 menempatkan pemuka agama sebagai figur yang merepresentasikan suara masyarakat.

 

“Tokoh agama memiliki peranan yang penting, diantaranya dalam mengayomi masyarakat. Oleh karena itu, FKUB perlu melibatkan para tokoh agama dalam setiap melahirkan resolusi terkait masalah keummatan. FKUB merupakan lembaga kerukunan terbesar baik secara nasional maupun internasional yang meliputi 545 FKUB di 34 provinsi, 98 kota dan 413 kabupaten,” ujarnya.


Di tengah besarnya pengaruh tokoh agama dan peranan FKUB dalam melestarikan kerukunan nasional, Lukman mengingatkan adanya potensi penyebab intoleransi yang akan mewarnai Pemilu 2024 mendatang. Potensi itu meliputi globalisasi yang menyebabkan nilai-nilai toleransi kian melemah, demokrasi yang masih didominasi low class, perkembangan media sosial yang memberikan dampak negatif.

 

Selain itu turut berpengaruh juga kurangnya pendidikan dan pengetahuan politik di tengah masyarakat, dan masih adanya potensi penggunaan politik identitas dalam proses politik jelang Pemilu 2024.

 

Hatiman.

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan