Baca Berita

Ketua FKUB Kepri Laporkan Indeks Kerukunan di Kepri Terbilang Tinggi

Berita

Ketua FKUB Kepri Laporkan Indeks Kerukunan di Kepri Terbilang Tinggi

 

Kemenag Bintan (Humas)—Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kepulauan Riau, H. Handarlin Umar mengatakan kondisi kerukunan di Kepulauan Riau terbilang istimewa. Karena menurutnya dari data Survey Litbang Kemenag, indeks kerukunan di Kepulauan Riau dalam dua tahun terakhir paling tinggi di Indonesia.

 

Hal itu dikatakan oleh Handarlin Umar ketika memberikan sambutan pada kegiatan Syukuran dan Doa Bersama HAB 78 di halaman Kanwil Kemenag Kepri, Jalan Daeng Kemboja Km. 15 Tanjungpinang, Rabu, 3 Januari 2024.

 

Jika pada  tahun lalu (2022) indeks kerukunan di Kepri mencapai 85,78 dan yang merupakan tertinggi secara nasional, maka indeks kerukunan di Kepulauan Riau mencapai 83,58 dengan prediket memuaskan.

 

Untuk diketahui, indeks kerukunan digunakan untuk mengukur tingkat kerukunan masyarakat dalam beragama di Indonesia. Indeks diukur dengan tiga dimensi penilaian utama, yaitu toleransi yang mencapai 81,47, kesetaraan 83,87 dan dimensi kerjasama 85,14.

 

Tak lupa, Handarlin mengingatkan hadirin yang mengikuti kegiatan tersebut untuk menjaga kerukunan dan kedamaian jelang Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang. Menurutnya kondisi kerukunan jelang Pemilu akan memberikan rasa aman jelang pelaksanaan Pemilu 2024. Dia juga meminta ASN untuk tetap menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

 

“Bersama seluruh tokoh agama dan umat beragama di Kepulauan Riau kita tetap dapat terus menjaga kerukunan daerah yang merupakan unsur kerukunan nasional yang menjadi prasyarat pembangunan nasional,” imbuhnya.

 

Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan