Baca Berita

Jun Suhaidi Jelaskan Upaya Memperkuat Moderasi Beragama

Berita

Jun Suhaidi Jelaskan Upaya Memperkuat Moderasi Beragama

 

Kemenag Bintan (Humas)--Jun Suhaidi, Ketua Pokjawas PAI Kabupaten Bintan ketika menjadi narasumber dalam kegiatan Seminar Modereasi Beragama bagi guru PAI menguraikan upaya memperkuat moderasi beragama. Dia menyampaikan hal itu dalam kegiatan yang dilaksanakan di aula Kemenag Bintan, Ceruk Ijuk belum lama ini.

 

Menurutnya upaya memperkuat moderasi beragama dilakukan dengan melakukan penguatan cara pandang, sikap, dan praktik beragama jalan tengah, penguatan harmonisasi dan kerukunan umat beragama, penyelarasan relasi agama dan budaya, peningkatan kualitas pelayanan kehidupan beragama, dan pengembangan ekonomi dan sumber daya keagamaan.

 

Urgensi Moderasi Beragama perlu terus dilakukan mengingat masih berkembangnya klaim kebenaran subyektif dan pemaksaan kehendak atas tafsir agama serta pengaruh kepentingan ekonomi dan politik berpotensi memicu konflik. Masih berkembangnya cara pandang, sikap dan praktik beragama yang berlebihan (ekstrem), yang mengesampingkan martabat kemanusiaan dan berkembangnya semangat beragama yang tidak selaras dengan kecintaan berbangsa dalam bingkai NKRI.

 

Menurutnya Indonesia adalah negara yang bermasyarakat religius dan majemuk. Meskipun bukan negara agama, masyarakat lekat dengan kehidupan beragama dan kemerdekaan beragama dijamin oleh konstitusi.  Menjaga keseimbangan antara hak beragama dan komitmen kebangsaan menjadi tantangan bagi setiap warga negara.

 

Selain itu, MB diperlukan untuk memperkuat esensi ajaran agama dalam kehidupan masyarakat, mengelola keragaman tafsir keagamaan dengan mencerdaskan kehidupan keberagamaan dan merawat Keindonesiaan.

 

Moderasi beragama merupakan perekat antara semangat beragama dan komitmen berbangsa. Di Indonesia, beragama pada hakikatnya adalah ber-Indonesia dan ber-Indonesia itu pada hakikatnya adalah beragama

 

Moderasi Beragama menjadi sarana mewujudkan kemaslahatan kehidupan beragama dan berbangsa yang harmonis, damai dan toleran sehingga Indonesia maju.

Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan