Baca Berita

Zulfa Hudiyani Petakan Kapasitas ASN Kemenag Dalam Penguatan MB

Berita

Zulfa Hudiyani Petakan Kapasitas ASN Kemenag Dalam Penguatan MB

 

Kemenag Batam (Humas)—Zulfa Hudiyani, Ketua Rumah Moderasi Beragama (MB) memetakan kapasitas ASN Kemenag dalam penguatan MB. Hal itu menjadi materi penghujung dalam seminar MB untuk Guru PAI di aula Kantor Kemenag Bintan. Seminar untuk memeriahkan HB 78 Kementerian Agama belum lama ini.

 

Pada aspek wawasan kebangsaan, ASN Kemenag Bintan wajib memiliki komitmen terhadap NKRI, memiliki wawasan kebangsaan yang luas, memahami regulasi dalam konsep dan aplikasi, mendukung dan mengimplementasikan regulasi yang adil dan non diskriminatif, memiliki kesadaran menjadi ASN Kemenag adalah wujud keimanan, memiliki kesadaran menerima kesetaraan warga negara adalah bagian dari ajaran agama.

 

Pada aspek pemahaman konteks persoalan kehidupan keagamaan, ASN Kemenag wajib memahami konteks yang membenturkan agama dan negara, memahami konteks benturan paham dan praktik keagamaan dalam ruang intra agama, memahami religious, exclusivism, extremism, violent extremism.

 

Pada aspek sikap diri, ASN Kemenag wajib memahami sikap diri dengan memiliki nilai-nilai Kemenag, inklusif, demokrtais, egaliter, dan moderat, humanis, non diskriminatif, berani dan anti kekerasan.

 

Pada aspek wawasan keagamaan, ASN Kemenag wajib memahami nilai-nilai unieversal ajaran agama, memahami argumentasi teologis MB, memahami indikator MB dan bersedia Menghormati keyakinan umat beragama lain.

 

Pada aspek kecakapan, citra diri ASN Kemenag, kepemimpinan, keterampilan, membangun jejaring, kemampuan membentuk pemahaman resolusi konflik, berfikir kritis, analisis sosial dan literasi digital.

 

Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan