Baca Berita

Kakan Kemenag Bintan Terima Kunjungan Tim Advokasi Baznas RI

Berita

Kakan Kemenag Bintan Terima Kunjungan Tim Advokasi Baznas RI

 

Kemenag Bintan (Humas) – Tim Advokasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia mengunjungi Kantor Kemenag Bintan. Kunjungan tersebut melengkapi lawatan tim ke Kepulauan Riau setelah sebelumnya melakukan pertemuan dengan Bupati Bintan, Baznas Kepulauan Riau, Bawaslu Bintan dan sejumlah pihak.

 

Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zarudddin dan sejumlah pejabat pengawas. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Komisioner Baznas Kepulauan Riau.

 

Tim Advokasi Baznas RI, Indra Hadi mengatakan kunjungan dimaksudkan untuk mengeratkan silaturahmi. Selain itu pihaknya sudah melakukan mitigasi peristiwa yang melibatkan Baznas Kabupaten Bintan yang terjadi belum lama ini.

 

Indra Hadi menyebutkan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Bupati, Bawaslu Bintan, dan APH. Seluruh pihak sudah memberikan klarifikasi dan informasi yang dibutuhkan oleh tim advokasi.

 

Tugas selanjutnya menurutnya adalah segera mengembalikan kepercayaan publik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah Baznas Bintan wajib secara rutin mempublikasi capaian program, kegiatan yang telah dilakukan di tengah masyarakat.

 

“Baznas Kabupaten Bintan kita minta untuk terus membuat kontra narasi yang seimbang dengan mengglorifikasi capaian program dan kegiatan yang telah dilakukan. Apa yang sudah dilakukan Baznas Kabupaten Bintan, dengan siapa mereka berkolaborasi dan sudah sejauh mana program dirasakan masyarakat,” ujar Indra Hadi.

 

“Kami juga menyarankan kepada Baznas untuk dilakukan press conference,” imbuhnya.

 

Indra Hadi mengatakan perlunya pengawasan yang semakin ketat dari lembaga mitra termasuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan untuk mengawasi kinerja Baznas Kabupaten Bintan sekaligus memberikan pengayoman yang dibutuhkan.

 

“Kami menyebutnya bahwa Kantor Kemenag Bintan sebagai seorang ayah bagi Baznas Bintan dalam menyelesaikan berbagai peristiwa,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Kakan Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin dalam kesempatan tersebut mengatakan pihaknya menyambut baik kunjungan yang dilakukan di Bintan.

 

Dia mengatakan kolaborasi program bersama Baznas Bintan sudah dilakukan dalam berbagai program kegiatan. Koordinasi terus dilalukan secara intensif baik dengan Baznas maupun dengan Pemda Bintan.

 

“Kami menginisiasi lahirnya kolaborasi program antara Baznas Kabupaten Bintan dengan BWI Bintan untuk menngoptimalkan potensi zakat dan wakaf secara bersama-sama. Ada sekitar 90 hektar lahan dengan berbagai variasi optimalisasi di Bintan yang siap untuk dimanfaatkan lebih jauh lagi terutama untuk pengembangan ekonomi masyarakat Islam di Bintan,” sebut Erman.

 

Erman mendorong Baznas Bintan untuk segera memperbaiki sistem distribusi zakat agar semakin ketat dalam pengawasan. Kontrol dan monitoring diperlukan agar tepat sasaran dan jauh dari penyimpangan.

 

“Instrumen monitoring diperlukan untuk memastikan tersampaikannya bantuan zakat dengan tepat sasaran dengan cara yang benar pula agar terhindar dari penyimpangan. Tingkatkan kedisiplinan dalam penyaluran dana zakat agar lebih efektif dan efisien,” pesan Erman tegas.

 

“Kami menyambut baik kunjungan tim advokasi untuk koordinasi yang dilakukan. Dinamika bisa saja terjadi tetapi siapkan langkah antisipasi, mitigasi dan recovery yang diperlukan. Kami mensupport terus untuk maju bersama. Bersama juga kami sudah merilis kampung zakat yang merupakan kolaborasi Baznas dan Kemenag Bintan di Tembeling Tanjung. Kami juga menggelar kegiatan pembinaan di berbagai wilayah di Bintan bersama Baznas,” pungkasnya.

 

Hatiman.

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan