Baca Berita

Ida Nuryati Narasumber Seminar Moderasi Beragama Siswa SD

Berita

Ida Nuryati Narasumber Seminar Moderasi Beragama Siswa SD

 

Kemenag Bintan (Humas)—Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Ida Nuryati menjadi narasumber dalam kegiatan Seminar Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh KKG PAI SD belum lama ini masih dalam rangka memeriahkan HAB 78 Kementerian Agama.

 

Kegiatan diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari guru PAI dan siswa SD se Kabupaten Bintan. Kegiatan diselenggarakan di aula Kantor Kemenag Bintan.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ida Nuryati mengenalkan Madrasah Games. Madrasah Games adalah sebuah program aktivitas untuk menanamkan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan kepada peserta didik melalui kegiatan permainan olahraga dalam pendidikan di madrasah guna membantu semua peserta didik dalam mengembangkan dan mewujudkan potensi mereka.

 

Tujuannya adalah untuk menyebarluaskan nilai-nilai terkait dengan olah raga guna mendorong terjadinya perubahan sikap, mendorong perilaku inklusi peserta didik yang memiliki disabilitas dan tanpa disabilitas.

 

Selain itu menanamkan kebiasaan-kebiasaan sehat bagi peserta didik, mendorong kesetaraan gender, memberikan pengalaman yang memberdayakan bagi peserta didik dan menyediakan ruang untuk saling bertemu, berdialog dan bertukar pikiran pengalaman untuk mendorong kohesi dan inklusi sosial.

 

Nilai-nilai yang terkandung dalam Madrasah Games adalah moderat, seimbang, adil dan toleran. Madrasah Games dimulai dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan refleksi seperti merumuskan kesimpulan materi, materi bagian mana yang paling menarik dan yang paling sulit dipahami, mempresentasikan hasil kesimpulan materi berdasarkan hasil-hasil simulasi dan apa yang akan dilakukan untuk lebih memahami bagian materi yang dianggap sulit.

 

Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan