Baca Berita

Istimewa, Siswa MA Idris Bintan Diterima Kunjungan Belajar di DPRD Bintan

Berita

Istimewa, Siswa MA Idris Bintan Diterima Kunjungan Belajar di DPRD Bintan

 

Kemenag Bintan (Humas) - Siswa MA IDRIS BINTAN melakukan kunjungan belajar ke DPRD Kabupaten Bintan, Dinas koperasi, usaha mikro, perindustruan dan perdagangan serta PT Panca Pratama (Perendjak).

 

Kegiatan digelar Rabu, 06 Maret 2024 MA Idris Bintan mengadakan salah satu agenda yang telah disusun di semester genap T.A 2023/2024 yaitu agenda outing class. Kegiatan outing class merupakan salah satu implementasi dari kurikulum merdeka dimana peserta didik diberi kemerdekaan seluas-luasnyanya dalam belajar yaitu salah satunya melalui belajar langsung ke beberapa tempat.

 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dimana yang mengikuti berjumlah 40 peserta didik dan didampingi oleh 5 pengajar dengan mengunjungi 3 tempat yaitu kantor DPRD Kabupaten Bintan, kantor Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan (DKUPP), serta tempat terakhir yaitu PT. Panca Rasa Pratama.

 

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB dimana kegiatan dibuka langsung oleh pimpinan pondok Idris Bintan, Dr. K.H Suparman Manjan, yang kemudian perjalanan dimulai dengan mengunjungi lokasi pertama yaitu kantor DPRD Bintan.

 

Di kantor DPRD Bintan, selain melakukan diskusi dan tanya jawab, peserta didik juga melakukan simulaisi sidang di ruang rapat paripurna. Melalui kunjungan ke lokasi pertama diharapkan peserta didik dapat menumbuhkan sikap siap memimpin dimana ini merupakan salah satu poin penting dalam visi misi pondok Pesantren Idris Bintan.

 

Setelah mengunjungi kantor DPRD Bintan, kegiatan outing class dilanjutkan dengan mengunjungi kantor DKUPP. Dalam kunjungan ini, peserta didik diberikan materi dan pengalaman dalam berwirausaha. Tujuan kunjungan kedua ini diharapkan peserta didik mampu memahami mengenai kewirausahaan serta dapat menumbuhkan sikap wirausaha dalam diri masing-masing peserta didik yang kemudian akan berguna di masa yang akan datang.

 

Kegiatan outing class ditutup dengan mengunjungi PT lokal yang berada di Tanjungpinang yaitu PT Panca Rasa Pratama. PT Panca Rasa Pratama telah banyak memproduksi produk yang sudah menembus pasar nasional seperti produk pPendjak.

 

Di lokasi tersebut, peserta didik diajak berkeliling untuk melihat langsung tempat-tempat yang ada serta kegiatan yang berlangsung di PT Panca Rasa Pratama. Dengan mengunjungi tempat ini, peserta didik diharapkan dapat mendapatkan gambaran langsung mengenai produksi sebuah produk serta dapat menumbuhkan ketertarikannya dalam berwirausaha.

 

Kegiatan outing class ditutup setelah peserta didik kembali ke pondok pesantren idris bintan yaitu di pukul 17.30 WIB.

 

Nur Syafitri. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan