Baca Berita

Ponpes Madani Tebuireng Bintan Gelar Seleksi Masuk Santri Baru

Berita
Ponpes Madani Tebuireng Bintan Gelar Seleksi Masuk Santri Baru

Kemenag Bintan (Humas)- Dalam rangka menjaga kualitas masukan terhadap santri baru tahun ajaran 2024/2025, Pondok Pesantren Tebuireng Bintan menggelar kegiatan seleksi masuk atau tes masuk Gelombang II. 

Kegiatan dilaksanakan Sabtu, 8 Maret 2024 di Ponpes Madani Tebuireng, Bintan Ceruk Ijuk. 

Sebanyak 63 Calon Santri dan Wali Santri mengikuti seleksi Penerimaan Santri Baru Tahun Pelajaran 2024-2025.

Calon Santri berasal dari berbagai Daerah di Kepri maupun di luar Kepulauan Riau.

Kita mengulik sejara ya. Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang KH Sholahudin Wahid (Gus Sholah) meresmikan Pondok Pesantren Madani Bintan, Kepulauan Riau.

Dengan peresmian ini, menjadi cabang ke-14 dari Pesantren Tebuireng, Jombang. Gus Sholah dalam sambutannya menceritakan sejarah pesantren tertua di antaranya Pesantren Kebumen dan Sidogiri. Hal itu sebagai bukti bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di negeri ini. 

Waktu itu, Gus Sholah mengajak masayarakat Bintan untuk dapat mempertahankan ajaran Islam Wasathiah yaitu ajaran Ahlussunnah wal Jamaah. "Hindari saling menyalahkan karena perbedaan, bahkan saling mengakfirkan antarsesama umat seagama. Mari kita perkokoh toleransi dalam kehidupan bersosial," ajak Gus Sholah.

Ia juga mengutip apa yang dikatakan Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari bahwa santri ideal adalah yang mampu mengamalkan ilmu pesantren dalam kehidupan bermasyarakat. 

Pesantren Madani berdiri di atas lahan dua hektar. Saat ini Pesantren Madani Bintan telah mempunyai masjid, aula yang diberi nama KH Hasyim Asy'ari, tiga asrama yagn salah satunya diberi nama KH Wahid Hasyim, dan gedung sekolah.  

Sementara 13 cabang lain dari Pesantren Tebuireng di antaranya di Jakarta, Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu Riau, Maluku, Bengkulu, dan Sumatera Utara. 

Madani. 
Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan