Baca Berita

Ustaz Rizha Hafidz Ceritakan Kisah Kebaikan Jabir bin Abdillah

Berita

Ustaz Rizha Hafidz Ceritakan Kisah Kebaikan Jabir bin Abdillah

 

Kemenag Bintan (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan sukses menggelar buka puasa bersama yang disejalankan dengan penyerahan bantuan sembako kepada 60 muallaf yang tergabung dalam Majelis Taklim Saudara Baru, Bintan.

 

Kegiatan dilaksanakan Senin, 1 April 2024 di aula Kantor Kemenag Bintan. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Bintan, Penceramah Rizha Hafidz, Ketua MUI Bintan, Ketua Baznas Bintan, Pimpinan BSI Cabang Bintan Center, Ketua BKMT Bintan, Ketua DWP Kemenag Bintan, Ketua FKPP Kabupaten Bintan, para pejabat pengawas, pengawas madrasah, sejumlah Kepala KUA, sejumlah Kepala Madrasah dan seluruh staf.

 

Dalam tausiyahnya Rizha Hafidz mengetengahkan kisah sahabat Nabi yang bernama Jabir bin Abdillah. Kedermawanan Jabir ketika umat Islam menghadapi rentetan perang Khandaq menjadi kisah yang abadi.

 

Kedermawanan Jabir dengan rela berbagi kepada umat Islam dalam perang Khandaq meskipun dalam keadaan ekonomi yang sulit patut menjadi contoh. Perang Khandaq terjadi pada tahun kelima Hijriyah, Dimana umat Islam sedang mengalami kondisi ekonomi yang sulit karena baru saja melakukan hijrah ke Madinah.

 

Kondisi yang sulit mendapatkan tantangan dengan akan datangnya ancaman musuh Islam dalam rangkaian serbuat Khandaq. Atas saran sahabat Nabi, Salman Alfarisi pasukan Islam membuat parit di Khandaq dalam rangka mencegah serangan musuh.

 

Suatu saat, para sabahat susah sangat kelaparan karena ketersediaan makanan sedikit. Pada saat itu, Jabir bin Abdillah setelah berdiskusi dengan istrinya bersedekah dengan menyediakan makanan berupa roti dan kambing berkuah. Jumlah makanan yang dibuat Jabir dan istrinya pun hanya tersedia buat 7 orang saja.

 

Kemudian Jabir mengundang Nabi untuk makan bersama beberapa sahabat saja. Tetapi Nabi dengan keyakinan penuh akan datangnya pertolongan Allah Swt memanggil seluruh pasukan Khandaq untuk ikut menikmati makanan bersama.

 

Jabir dan istrinya pun mulai khawatir karena makanan pasti tidak akan cukup. Berkat pertolongan Allah Swt melalui mukjizat Rasulullah, akhirnya Nabi mulai membagikan makanan berupa roti dan kuah kambing kepada ratusan pasukan yang sedang bekerja menggali parit.

 

Nabi sendiri yang menciduki makanan untuk seluruh sahabatnya yang ada di Khandaq dan makanan yang disediakan Jabir ternyata cukup untuk ratusan pasukan bahkan makanan tidak berkurang berkat pertolongan Allah.

 

Demikianlah indahnya keutamaan berbagi yang disajikan oleh keikhlasan Jabir bin Abdillah.

 

Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan