Baca Berita

Tim Rukyat Hilal Kepulauan Riau Pantau Hilal Awal Syawal 1445 H di Tanjung Setumu

Berita

Tim Rukyat Hilal Kepulauan Riau Pantau Hilal Awal Syawal 1445 H di Tanjung Setumu

 

Kemenag Bintan (Humas) – Tim Rukyat Hilal Kepulauan Riau melakukan pemantauan hilal awal Syawal 1445 H di Pantau Tanjung Setumu di Pulau Dompak, Selasa, 9 April 2024. Kegiatan pemantauan di mulai pukul 17.00 Wib.

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, H. Mahbub Daryanto memimpin pelaksanaan rukyatul hilal. Sejumlah pihak menghadiri kegiatan tersebut, antara lain BMKG Tanjungpinang, Pengadilan Agama Tanjungpinang, NU, Muhammadiyah, LDII dan lain-lain.

 

Kepala BMKG Tanjungpinang, Ahmad Kosasi mengatakan ketinggian hilal di Indonesia saat matahari terbenam pada 9 April 2024 berkisar antara 4,88 derajat di wilayah Merauke, Papua sampai dengan 7,63 derajat di wilayah Sabang, Aceh.

 

“Dengan lama pengamatan hilal 32 menit setelah matahri terbenam. Namun pada saat pengamatan dilakukan terdapat pumpunan awan tebal yang menyelimuti langit pulau Bintan sehingga menghalangi pengamatan,” ujar Ahmad Kosasi.

 

Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Mahbub Daryanto mengatakan sesuai dengan pengamatan dari BMKG kondisi hilal di hari ini berada pada ketinggian 6,4 derajat. Meskipun begitu hilal atau anak bulan tidak berhasil terlihat karena gangguan alam, yakni langit yang berawan. 

"Karena gangguan alam tadi kita sudah lihat secara kasat mata dan menggunakan teropong, hilal memang tidak bisa kita lihat," kata Mahbub.

Menurutnya pengamatan hilal di Indonesia secara resmi dilakukan di 120 titik pantau, salah satunya di Kepri yakni di Tanjungpinang. Meskipun selain yang dilakukan secara resmi beberapa daerah juga melakukan pengamatan secara mandiri. 

"Seperti di Batam itu juga melakukan pengamatan hilal," ujarnya. 

Hasil pengamatan hilal ini kemudian dilaporkan kepada Kementerian Agama yang malam ini menggelar sidang isbat penentuan 1 syawal 1445 Hijriah. 

"Kalau dari hitunangan hisabnya itu sudah sampai, sesuai dengan ketentuan Mabims juga terpenuhi, Insyaallah besok kita masuk 1 Syawal," ucapnya. 

Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan