Baca Berita

Pimpin Apel Pagi, Kakan Kemenag Bintan Minta Kebiasaan Baik Ramadan Diteruskan

Berita

Pimpin Apel Pagi, Kakan Kemenag Bintan Minta Kebiasaan Baik Ramadan Diteruskan

 

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin meminta jajarannya untuk meneruskan kebiasaan baik selama Ramadan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Hal itu disampaikannya saat memimpin apel pagi, hari pertama pasca lebaran 1445 H, Selasa, 16 April 2024 di halaman Kemenag Bintan, Ceruk Ijuk.

 

“Terus tingkatkan interaksi kita dengan Al-Quran sebagaimana Ramadan. Begitupun ibadah yang lainnya,” ujarnya.

 

Apel pagi diikuti oleh seluruh pejabat pengawas, ASN dan karyawan Kantor Kemenag Bintan.

 

Erman mengatakan hal utama setelah melaksanakan ibadah Ramadan adalah dengan saling memaafkan. Memaafkan merupakan keutamaan. Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah dalam menjalani kehidupan mempunyai dua hubungan yang wajib dijalankan sesuai dengan ajaran Islam.

 

Dua hubungan itu adalah hablum minallah, hubungan antara manusia dengan sang Khalik. Dan hubungan hablum minannas, pola hubungan dengan sesama manusia. Salah satu cara dalam menjaga hubungan dengan sesame manusia adalah dengan saling memaafkan.

 

“Memang tidak mudah, tetapi memiliki keutamaan jika kita mampu melakukannya,” pesan Erman.

 

QS. Assyura ayat 40 menyebutkan maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik, maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Ada tiga amalan yang Allah sendiri yang akan memberikan pahalanya. Pertama Puasa Ramadhan, kedua Sabar, ketiga Memaafkan manusia. Memberikan maaf kepada manusia merupakan sikap terpuji yang dicintai Allah. Sifat memaafkan adalah sifatnya para ahli surga dan pahalanya tidak terbatas. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan