Baca Berita

Keren, Perdana Assesmen Madrasah Tingkat MI Gunakan Computer Based Test

Berita

Keren, Perdana Assesmen Madrasah Tingkat MI Gunakan Computer Based Test

 

Kemenag Bintan (Humas) - Mulai tanggal 02 – 13 Mei 2024, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bintan akan mengikuti Assesmen Madrasah (AM). Ada yang beda antara pelaksanaan Assesmen Madrasah (AM) tahun 2024 ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya pelaksanaan Assesmen Madrasah (AM) menggunakan model ujian berbasis kertas (manual), mulai tahun 2024 ini, pelaksanaan Assesmen Madrasah (AM) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bintan menggunakan Computer Based Test (CBT).

 

Assesmen Madrasah dengan menggunakan model CBT diterapkan pada semua mata pelajaran, kecuali Bahasa Arab. Hal ini dikarenakan proses setting font Arab pada aplikasi CBT masih terlalu komplek.

 

Tahun ini pelaksanaan AM di MIN 1 Bintan diikuti 13 siswa. Media utama untuk mengikuti AMini adalah laptop /komputer) dan HP Android. Setiap murid diwajibkan membawa HP Android, bagi yang tidak punya, panitia menyediakan perangkat laptop.

 

Romy, sebagai guru kelas VI sekaligus bertugas sebagai proktor mengatakan peserta ujian lebih antusias mengikuti ujian berbasis komputer ini dari pada ujian berbasis kertas. Karena setelah ujian peserta dapat melihat hasil ujian secara langsung.

 

Sementara itu, Kepala MIN 1 Bintan, Ridwan mengatakan MIN 1 Bintan adalah madrasah pertama yang melaksanakan AM berbasis aplikasi CBT di Bintan. Tujuan pelaksanan AM berbasis aplikasi CBT ini adalah ikut merespon kemajuan teknologi dengan menerapkan digitalisasi proses pembelajaran. Dengan CBT bisa mengurangi kecurangan, mengurangi penggunaan kertas (papperless), mengoptimalkan ujian secara efektif dan efisien.

 

“Ke depan pelaksanaan ujian berbasis CBT ini bisa dilaksanakan bukan saja di Assesmen Madrasah, tapi juga bisa diterapkan pada Penilaian Akhir Semester (PAS) dan  Penilaian Akhir Tahun (PAT) terutama kelas atas IV – VI,” seru Ridwan dengan semangat.

 

Pelaksanaan Assesmen Madrasah (AM) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bintan hari pertama terpantau berjalan dengan lancar.

 

Anton. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan