Baca Berita

Ini Tips Kepala Kemenag Bintan Kepada Kafilah MTQH

Berita

Ini Tips Kepala Kemenag Bintan Kepada Kafilah MTQH

 

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin memberikan motivasi kepada seluruh kafilah MTQH Kabupaten Bintan yang akan bertanding pada pelaksanaan MTQH Provinsi Kepulauan Riau tahun 2024.

 

Pemerintah Kabupaten Bintan sukses menggelar Training Center (TC) terhadap kafilah MTQH Kabupaten Bintan tahun 2024 yang dipusatkan di Hotel Kunang-Kunang, Kawal, Gunung Kijang. Kegiatan resmi ditutup pada Selasa, 7 Mei 2024 malam.

 

Menurutnya, membangun mental juara melibatkan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa poin kunci yang perlu dilakukan dalam membangun mental juara.

 

Pertama, tetap sebagai pembelajar yang siap menang dan kalah.

 

Mental juara tidak merasa bahwa kesuksesan yang dicapai adalah permanen atau untuk selamanya. Mereka tetap merasa sebagai manusia pembelajar yang siap menang dan kalah di setiap waktu. Kegagalan bagi mental juara adalah kesempatan untuk menemukan kelemahan dan memperbaikinya agar kemenangan bisa didapatkan.

.

Kedua, tidak jatuh ke dalam perangkap sombong, tinggi hati, atau meremehkan orang lain.

 

Mental juara tidak pernah jatuh ke dalam perangkap sombong, tinggi hati, atau meremehkan orang lain. Mereka juga sangat sadar bahwa kemenangan dan kekalahan sama kemungkinannya. Selalu berpikir untuk berhasil, fokus untuk tumbuh, serta menjadi lebih andal.

 

Ketiga, membangun kepercayaan diri dan ketahanan dalam menghadapi tantangan.

 

Anak yang percaya diri cenderung mendukung terhadap lancarnya proses belajar di dalam kelas. Membangun rasa kepercayaan diri dalam diri anak merupakan bagian dari membangun mental juara. Selain itu, membangun mental juara juga terkandung dalam diri anak untuk tidak mudah putus asa dalam memecahkan masalah

.

Keempat, membaca peluang, memupuk motivasi, dan mensyukuri hari ini.

 

Seorang juara harus pandai membaca peluang yang tersedia dan menggunakan kesempatan yang datang. Penting untuk selalu memupuk motivasi dalam diri untuk selalu bersemangat dan fokus menuju kesuksesan yang diimpikan. Seseorang yang bermental juara akan mensyukuri apa yang dia punya hari ini dan memberikan usaha yang terbaik untuk hari ini.

 

Kelima, kecerdasan emosional dan perlindungan jiwa.

 

Kecerdasan emosional menjadi keharusan untuk membangun mental yang kuat. Seseorang tidak akan bisa kuat mentalnya tanpa kemampuan untuk memahami dan mengendalikan emosi negatif di dalam dirinya. Tidak kalah penting juga untuk menyiapkan perlindungan jiwa untuk diri sendiri dan keluarga.

 

“Dengan memperhatikan poin-poin di atas, seseorang dapat membangun mental juara yang kuat dan tangguh untuk menghadapi berbagai situasi dan tantangan dalam kehidupan,” pungkasnya.

 

Eri. F

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan