Baca Berita

Bidang Keagamaan dan Kesenian Islam HAB 76 di Kemenag Bintan Gelar Lomba Azan, Hifzil Qur’an, dan MQK

Berita

(Kemenag Bintan) – Panitia pelaksana HAB (Hari Amal Bakti) ke- 76 bidang keagamaan dan kesenian Islam di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bintan menggelar lomba Azan, Hifzil Qur’an, dan MQK (Musabaqah Qiraatul Kutub). Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dan selesai pada Rabu (5/1/22).

Lomba Azan diikuti oleh 9 peserta, lomba Hifzil Qur’an diikuti oleh 3 peserta, dan lomba MQK diikuti oleh 8 peserta yang merupakan siswa-siswi madrasah dan para santriwan/wati pondok pesantren di Kabupaten Bintan. Dewan juri pada 3 lomba ini adalah Pengawas Madrasah, Kepala KUA Kecamatan Gunung Kijang, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, dan perwakilan dari STAIN SAR Kepri.

Kriteria penilaian lomba Azan adalah makhrajul huruf, suara/lagu dan irama, dan etika/adab. Kriteria penilaian lomba Hifzil Qur’an adalah makharij al huruf, shifat al huruf, ahkam al huruf, ahkam al madd wa al qashar, dan tamam al qira’at. Sedangkan kriteria penilaian MQK adalah makharjul huruf, tangim/intonasi, dan sur’ah thobi’iyayah.

Salah satu panitia sekaligus Koordinator Bidang Keagamaan dan Kesenian Islam, H. Rostam Efendi, mengucap syukur karena perlombaan terlaksana dengan baik. “Saya berharap dengan adanya lomba ini, khususnya MQK, menjadi wadah melatih kemampuan para santri. Semoga kedepannya semakin banyak santri yang menyenangi kitab-kitab klasik yang diisitilahkan dengan kitab kuning,” harapnya.

Menurut keterangan salah satu dewan juri, Kepala KUA Kecamatan Gunung Kijang, Taufiq Qurrahman, perlombaan bidang keagamaan dan kesenian Islam telah selesai dilakukan penilaian. “Pengumuman juara akan dilaksanakan pada kegiatan Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama, Sabtu 8 Januari besok. Kami berharap kepada seluruh peserta agar dapat ikut menyaksikan pengumuman ini dan memeriahkan Jalan Santai,” ajak Taufiq. (AP)

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan