Baca Berita

MIS Sabilul Muhtadin Kembali Lanjutkan Baca Surah Yasin Bersama Setelah Pandemi Menurun

Berita

(Kemenag Bintan) - Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Sabilul Muhtadin kembali melanjutkan rutinitas baca Surah Yasin bersama setiap Jumat pagi. Ritual ini menjadi rutinitas perdana dilaksanakan semenjak adanya pandemi, Jumat, (28/1/22)

Sehubung dengan adanya 2 lokasi belajar yaitu lokasi belajar gedung lama dan gedung baru. oleh karena itu, pelaksanaan baca Surah Yasin atau yang disebut Yasinan dilaksanakan secara bergantian. Siswa yang berlokasi belajar di gedung lama akan melaksanakan Yasinan di minggu ke 2 dan ke 4. Sedangkan siswa yang berlokasi belajar di gedung baru akan melaksanakan Yasinan di minggu ke 1 dan ke 3.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Madrasah, Wiyono, secara terpisah saat ditanyakan mengenai pelaksaan kegiatan rutinitas yasinan bersama ini. "Alhamdulillah, beriring dengan menurunnya pandemi, satu persatu kegiatan rutinitas dapat kembali dilaksanakan. Setelah rutinitas upacara Senin pagi yang dilaksanakan di senin kemarin. Kini, rutinitas Yasinan di Jumat pagi juga mulai kita laksanakan,” ucap Kepala MIS Sabilul Muhtadin, Wiyono, saat ditanyakan mengenal kagiatan tersebut.

Wiyono juga menambahkan, pelaksanaan Yasinan di Jumat pagi ini dilaksanakan secara bergantian. Untuk siswa-siswi yang menempati gedung lama yaitu kelas 2, 3, dan 4, akan rutin melaksanakan Yasinan di minggu ke 2 dan ke 4.

“Sedangkan siswa-siswi yang menempati gedung baru yaitu kelas 1, 5 dan 6 akan rutin melaksanakan Yasinan di minggu ke 1 dan ke 3. Namun, khusus kelas 1 akan dialihkan dengan kegiatan murajaah bacaan-bacaan surah ataupun hadis,” terangnya.

Muntamah, yang merupakan dewan guru di MIS Sabilul Muhtadin mengatakan, seluruh siswa-siswi sangat antusias dengan dilaksanakannya kembali rutinitas Yasinan yang telah lama tiada ini. "Saya melihat anak-anak sangat senang dan bersemangat mengikuti rutinitas Yasinan ini. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkala dan pandemi semakin menurun, agar segala kegiatan dan rutinitas dapat dilaksanakan kembali sebagaimana mestinya," kata Muntamah.


Yasinan perdana di hari ini dilaksanakan oleh siswa-siswi yang menempati gedung lama. Yasinan ini dilaksanakan seusai salat Dhuha berjamaah. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Jami' Shirathal Mustaqim dan dipimpin oleh Romodon, guru di MIS Sabilul Muhtadin.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala MIS Sabilul Muhtadin, Wiyono, dan beberapa dewan guru yang ikut mengawasi anak-anak. Setelah Yasinan selesai, seluruh siswa-siswi langsung bergegas menuju ruang kelas masing-masing untuk mengikuti pembelajaran. (lili/AP)

 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan