Bimtek Service Excellent, Helga Tegaskan Pelayanan adalah Tanggungjawab Semua
Bimtek Service Excellent, Helga Tegaskan Pelayanan
adalah Tanggungjawab Semua
Kemenag
Bintan (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan sukses menggelar
bimbingan teknis service excellent bagi seluruh ASN. Kegiatan digelar
di aula Kantor Kemenag Bintan, Jumat, 30 Agustus 2024 yang lalu.
Tak
tanggung-tanggung narasumber yang dihadirkan adalah Service Manager Bank
Syariah Indonesia (BSI) Cabang Tanjungpinang, Helga Marina Putri. Hadir dalam
kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Bintan, para pejabat pengawas, pengawas
madrasah, Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri di Bintan, sejumlah guru madrasah
dan seluruh ASN Kemenag Bintan. Hadir pula Branch Manager BSI Bintan Center, Yan Fakhrizal dan
jajarannya.
Agar tetap
menjadi catatan, kami sajikan penjelasan Helga Marina Putri sebagai narasumber
untuk anda.
Helga
menjelaskan prinsip utama dalam menyelenggarakan pelayanan adalah adanya
attitude berupa sikap yang benar sebagai badan publik yang berkewajiban dalam memberikan
pelayanan, tanpa korupsi, kolusi dan nepotisme.
“Kita harus
memberikan attention berupa perhatian yang tulus dan tidak terbagi, karena
secara naluriah pelanggan akan mencari action dan tindakan kita sebagai pemberi
layanan,” pesannya.
Seperti apa Pelanggan
atau masyarakat ingin dilayani? Helga mengutipnya dari Winston Churchill yang mengatakan attitude is a little thing that
makes a big difference. Dengan attitude yang benar, sesuatu yang kecil akan
bermakna dan berdampak besar.
Ada tiga paradigma yang perlu terus dikembangkan dalam
menyelenggarakan pelayanan. Pelayanan bukan semata-mata untuk menuntaskan pekerjaan
atau menggugurkan kewajiban, pelayanan perlu distandarisasi dan pemberi layanan
terutama petugas front office wajib memiliki keahlian Komunikasi yang
memadai.
Helga menyampaikan sejumlah dasar penting dalam menyelenggarakan
pelayanan. Salah satunya adalah hadist Rasulullah Saw yang bermakna “Barang
siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan
memudahkannya di dunia dan di akhirat,”. (HR Muslim).
“Alam Loy Mc Gins menyebutkan there’s no noble
occupation in the world than to assist another human being, yang maknanya tidak
ada pekerjaan yang lebih mulia di dunia ini selain melayani orang lain,”
ucapnya memberikan motivasi.
Dari dasar itu, Helga menyebutkan tiga basic
service concept, yaitu membantu dan menolong, memenuhi kebutuhan pengguna
layanan, dan melampaui harapan pengguna layanan.
“Service is everyone’s responsibility! Pelayanan
menjadi tanggung jawab semua, ingat itu!”, pesannya.
Hatiman.