Baca Berita

Manasik Haji CJH Asal Bintan Sebanyak 10 Kali

Berita

Manasik Haji CJH Asal Bintan Sebanyak 10 Kali

 

Kemenag Bintan (Humas) - Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Bintan, H. Muhammad Ridwan mengatakan pihaknya telah melakukan dialog bersama Kepala KUA se Bintan untuk memantapkan persiapan pelaksanaan manasik haji 1445 H.

 

Dialog bersama Kepala KUA se Bintan itu dilaksanakan Senin, 19 Februari 2024 di aula mini Kantor Kemenag Bintan, Ceruk Ijuk. Ridwan mengatakan manasik dilaksanakan selama 10 kali. Rinciannya adalah dua kali tingkat Kabupaten dan 8 kali tingkat KUA Kecamatan.

 

“Diperkirakan akan dilaksanakan setelah perayaan Idul Fitri 1445 H, hal ini karena adanya penambahan perpanjangan masa pelunasan Bipih tahap I sampai 23 Februari 2024 dan tahap II pada 13 s.d 26 Maret 2024. Terakhir pelunasan masih dalam masa puasa Ramadhan 1445 H. Itu beberapa hal pertimbangan mengapa manasik direncanakan setelah Idul Fitri 1445 H,” ujar Ridwan menjelaskan.

 

Ridwan merincikan untuk materi pertemuan I adalah kebijakan pemerintah Indonesia tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh dan pertemuan II akan membahas tentang kebijakan pelayanan kesehatan haji serta alur perjalanan ibadah haji.

 

Sementara itu untuk rincian pelaksanaan pertemuan manasik haji di tingkat KUA Kecamatan meliputi materi hak dan kewajiban jemaah haji, akhlak jemaah dan budaya di Arab Saudi, pencegahan dan pengendalian penyakit, serta ibadah dan kegiatan selama penerbangan.

 

Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan