Baca Berita

Berikan Tausiyah, Fadhil Muslimin Uraikan Keistimewaan Lailatul Qodar

Berita

Berikan Tausiyah, Fadhil Muslimin Uraikan Keistimewaan Lailatul Qodar

 

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala KUA Teluk Bintan, H. Fadhil Muslimin berikan tausiyah makna penting yang terkandung dalam peristiwa besar Lailatul Qodar. Hal itu disampaikannya saat memberikan tausiyah kepada ASN Kemenag Bintan dalam kajian ba’da Zuhur, Kamis, 28 Maret 2024 di Musala Al Muhajirin Kantor Kemenag Bintan.

 

Fadhil Muslimin mengatakan berdasarkan firman Allah dalam QS Al Qadar: 1 - 5 yang artinya “Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan (Lailatul Qodar). Tahu kah apakah malam kemuliaan (Laitul Qodar). Malam kemuliaan (Lailatul Qodar) adalah lebih baik dari pada seribu bulan. Turunlah para malaikat dan Ruh (Jibril) pada malam itu atas izin Tuhan mereka untuk mengurus segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar”.

 

Ada pun hikmah yang terkandung dalam peristiwa besar tersebut, antara lain.

 

Pertama, dengan turun Al-Qur'an kita bisa memahami dan menghayati Al-Qur'an sebagai pedeman hidup manusia dan Al-Quran se bagai dasar dan sumber hukum umat Islam.

 

Kedua, dengan turunnya Al-Qur'an sebagai penyembuh/penyejuk diri dari penyakit lahir maupun batin.

Ketiga, dengan ada Al-Qur'an kita bisa mengingat Allah dan sebab Al-Qur'an itu kalamullah yang sangat mulia dan agung.                                 

 

Keempat, dengan adanya Al-Qur'an kita mendapatkan berbagai ilmu dunia dan ilmu akhirat sudah lengkap di dalam Al-Qur'an baik substansi kitab Taurat, Injil dan Zabur.

 

Kelima, dengan adanya Al-Qur'an bisa menerangkan dan membersihkan hati (qalbu) dari berbagai penyakit hati.    

 

Keenam, dengan adanya Al-Qur'an, kita dapat berita gembira dan berita peringatan. Artinya dalam Al-Qur'an mengandung dua kabar, bertta gembira dan berita peringatan atau ancaman.

 

Fadhil.

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan