Baca Berita

MIS Baitul Izzah Gelar Buka Puasa Bersama

Berita

MIS Baitul Izzah Gelar Buka Puasa Bersama

Kemenag Bintan (Humas) – Keluarga besar MIS Baitul Izzah Bintan Utara menggelar kegiatan buka puasa bersama, Kamis, 28 Maret 2024. Kepala MIS Baitul Izzah, Rafni mengatakan kegiatan disejalankan dengan pembagian takjil.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ustadz Kusmayadi yang sekaligus sebagai pengisi ceramah. Seluruh rangkaian acara diisi oleh siswa MIS Baitul Izzah, mulai dari pembawa acara, pembacaan ayat suci Alquran.

Dalam tausiyahnya, Ustaz Kusmayadi menguraikan tentang keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadan.

1. Sebagai Syafaat pada Hari Kiamat Kelak

Keutamaan dari membaca Al-Qur'an yang pertama ialah dapat menjadi syafaat atau penolong di hari kiamat kelak. Rasulullah SAW bersabda:

"Bacalah olehmu sekalian Al-Qur'an karena sesungguhnya Al-Qur'an itu akan menjadi syafaat/penolong bagi para pembacanya di hari kiamat." (HR Muslim)

2. Mendapat Kebaikan Berlipat Ganda

Siapapun yang membaca Al-Qur'an maka akan diganjar pahala dan kebaikan yang berlipat ganda, sebagaimana bunyi sabda Nabi Muhammad,

"Siapa saja yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf." (HR At-Tirmidzi)

3. Sebagai Ibadah yang Paling Utama

Membaca Al-Qur'an disebut sebagai ibadah yang paling utama. Diriwayatkan oleh an-Nu'man ibn Basyir, Rasulullah SAW bersabda:

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur'an." (HR Al-Baihaqi)

4. Dikelilingi oleh Para Malaikat

Kelebihan yang dimiliki oleh orang yang gemar membaca Al-Qur'an adalah dikelilingi para malaikat. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad bersabda:

Dari Aisyah RA ia berkata,

"Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang membaca Al-Qur'an dan ia mahir membacanya, maka ia bersama para malaikat yang mulia dan berbakti. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur'an dengan terbata-bata dan merasa kesulitan dalam membacanya, maka baginya dua pahala."

5. Mendapat Balasan Terbaik

Diriwayatkan Abu Sa'id dari Rasulullah SAW, Allah berfirman:

"Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Al-Qur'an, hingga tak sempat dzikir yang lain kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan Al-Qur'an atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya," (HR Al-Baihaqi)

6. Diibaratkan Seperti Orang yang Bersedekah

Dalam sebuah sabdanya, Rasulullah SAW berkata:

"Orang yang membaca Al-Qur'an dengan suara keras seperti orang yang bersedekah secara terbuka, sedangkan orang yang membaca Alquran dengan perlahan seperti orang yang bersedekah secara sembunyi." (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Kegiatan diakhiri dengan doa dan salawat, buka puasa bersama dan salat maghrib berjemaah.

Ulfa. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan