Baca Berita

Kakanwil Kemenag Kepri Buka Bimbingan Manasik Haji di Bintan

Berita

Kakanwil Kemenag Kepri Buka Bimbingan Manasik Haji di Bintan

 

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, H. Mahbub Daryanto membuka kegiatan bimbingan manasik haji bagi calon jemaah haji Kabupaten Bintan. Kegiatan dilaksanakan di Kampus STAIN SAR Kepri, Ceruk Ijuk Bintan, 27 – 28 April 2024.

 

Dalam arahannya Mahbub Daryanto mengatakan pemerintah masih mengusung semangat haji ramah lansia. Untuk itu pendekatan yang digunakan olehpara petugas tahun ini memberikan layanan yang optimal kepada para jemaah lansia.

 

“Mulai sekarang mari berlaatih untuk melapang hati, sehingga siap menghadapi kondisi yang ada di Tanah Suci,” kata Mahbub.

 

Dia meminta jemaah yang lebih muda dan sehat membantu jemaah lansia yang membutuhkkan bantuan dengan penuh keikhlasan sehingga amalan yang dilaksanakan semakin bernilai ibadah.

 

“Esensinya pemerintah menyediakan para petugas tetapi jumlahnya terbatas. Oleh karena itu kepatuhan jemaah terhadap aturan dan jadwal yang ditetapkan menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan ibadah haji,” ujar Mahbub.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin dalam sambutannya mengatakan jumlah jemaah yang menjadi peserta manasik di Kabupaten Bintan sebanyak 82 orang.

 

Jumlah itu terdiri dari jemaah asal Bintan Timur 38 jemaah, Mantang 3 jemaah, Bintan Pesisir  1 jemaah, Gunung Kijang 6 jemaah, Toapaya 4 jemaah, Teluk Bintan 2 jemaah, Tambelan 3 jemaah, Teluk Sebong 4 jemaah, Seri Kuala Lobam 4 jemaah, dan Bintan Utara 17 jemaah.  

 

Jemaah tertua laki-laki bernama Surip Bin Mohd Noer umur 78 tahun asal Bintan Timur, jemaah tertua perempuan bernama Nora Binti Husin umur 79 tahun asal Bintan Timur.

 

“Keduanya merupakan jemaah prioritas lansia,” jelasnya.

 

Sementara jemaah termuda laki-laki bernama Dini Dhiyaulhaq Bin Badruddin bin Sumarsono umur 28 tahun asal Bintan Timur. Sedangkan jemaah termuda perempuan bernama Djulya Adlinna Binti Sudarmaji umur 33 tahun asal Bintan Timur.

 

Jemaah Bintan tergabung pada kloter 1 bersama jemaah haji asal Tanjungpinang, Batam dan Natuna. Masuk asrama haji Batam pada tanggal 11 Mei 2024 dan diberangkatkan menuju Madinah tanggal 12 Mei 2024 dengan maskapai Saudi Arabia Airlines.

 

“Insyaallah kloter satu akan kembali ke tanah air tanggal 22 Juni 2024,” pungkasnya.

 

Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan