Baca Berita

Buka Bersama Darussilmi Diisi Dengan Parenting Islami

Berita

Buka Bersama Darussilmi Diisi Dengan Parenting Islami

 

Kemenag Bintan (Bintan) - Pondok Pesantren Darussilmi Bintan menghadirkan orangtua atau wali santri agar bisa buka bersama dengan anaknya di dalam pondok. Acara Buka Bersama ini digelar di Mahad Darussilmi pada Sabtu (23/3/2024) lalu.

Momen buka bersama Ramadan 1445 Hijriah ini juga diisi dengan pengajian yang berisi pendidikan parenting untuk para wali santri yang hadir. Pendidikan parenting diberikan oleh Ustadz Anto Makmur.

Pendidikan parenting islami ini penting sekali diberikan sebagai bekal bagi orangtua dalam mengasuh, membimbing dan membesarkan anaknya sehingga sesuai dengan ajaran Islam. Di dalam pondok pesantren Darussilmi, para guru dan pendidik juga sebagai pengasuh anak menggantikan posisi orangtua selama masa pendidikan.

Pada acara buka bersama tersebut, Pimpinan Pondok Pesantren Darussilmi juga menyampaikan beberapa informasi penting kepada santri dan orangtua terkait kegiatan dan kalender pendidikan.

 

Semua wali santri membawa makanan masing-masing. Sebagian wali santri mengifakkan takjil dan makanan berbuka kepada santri yang tidak mendapatkan kunjungan dari orangtuanya. Tidak semua orangtua santri bisa hadir ke Pondok Pesantren Darussilmi karena sebagian tinggal di luar Pulau Bintan seperti Batam, Anambas, Lingga, Natuna dan daerah lainnya.

Bagi santri yang tidak mendapatkan kunjungan dari orangtuanya, santri ini ditempatkan khusus dan difasilitasi untuk berbuka serta ditemani dewan pengurus dari ustadz dan ustadzah Darussilmi dengan tertib.

Setelah berbuka dengan takjil, wali santri yang laki-laki kemudian melaksanakan salat Maghrib berjamaah di Masjid Imam Bukhari. Sementara jemaah perempuan salat di musala perempuan yang ada di mahad putri. Usai salat acara dilanjutkan dengan makan bersama dan interaksi antara orangtua dengan anaknya.

Menjelang waktu salat Isya, para orangtua sudah meninggalkan Pondok Pesantren Darussilmi untuk kembali ke rumah masing-masing.

 

Saat ini santri Darussilmi baik putra maupun putri sedang melaksanakan ujian. Rencananya usai ujian, santri kembali menjalani liburan jelang lebaran sejak Rabu (28/3//2024) hingga pasca lebaran Idul Fitri 1445 H.

 

Darussilmi. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan