Baca Berita

Khalimatus Sa’diyah Intensifkan Program Tuntaskan Buta Aksara Al-Quran

Berita

Khalimatus Sa’diyah Intensifkan Program Tuntaskan Buta Aksara Al-Quran

 

Kemenag Bintan (Humas) – Khalimatus Sa’diyah, salah satu penyuluh agama Islam pada Kantor Kemenag Bintan melakukan inovasi selama Ramadan 1445 H dengan mengintensifkan program tuntaskan buta aksara Al-Quran.

 

Kepada media ini, Khalimatus Sa’diyah mengatakan inovasinya itu dilakukan karena adanya keresahan selama melakukan bimbingan calon pengantin dan bimbingan pra nikah bagi pasangan usia nikah di wilayahnnya.

 

Khalimatus Sa’diyah bertugas di Kecamatan Toapaya. Dia mengatakan setiap bimbingan pra nikah akan dilakukan evaluasi terhadap praktik ibadah setiap calon pengantin terutama tentang baca tulis Al-Quran dan salat.

 

“Pengalaman kami, ada beberapa calon pengantin yang masih belum lancar dalam membaca Al-Quran. Untuk kami mengintensifkan program baca tulis Al-Qurand dan fiqih salat. Selama satu bulan penuh selama Ramadan kami gelar pelatihan ini bersama majelis taklim dan muallaf yang ada di kecamatan Toapaya,” ujarnya.

 

Dia menuturkan selama pelaksanaan program tersebut, dipusatkan di dua lokasi yakni Surau Nurul Ikhsan Desa Toapaya pada Senin dan Kamis pukul 10.00 Wib dan Surau Al Muhajirin Desa Toapaya Selatan pada Selasa dan Jum’at pukul 10.00 wib.

 

“Sampai 21 Ramadan ini kemajuan anggota majelis taklim dalam membaca dan salat sudah mulai terlihat. Dengan pembinaan yang intensif, ibu-ibu majelis taklim sudah semangat mengikuti salat Tarawih dan tadarus Al-Quran di masjid terdekat,” imbuhnya.

 

“Kebersamaan antara ibu-ibu yang mempunyai kekurangan yang sama ini membuat pembelajaran dan kepercayaan diri ibu-ibu mulai terbentuk. Kegiatan seperti ini akan dilaksanakan terus menerus setelah selesai Ramadan dengan menyisir majelis - majelis taklim yang lain sehingga tidak ada lagi ibu-ibu yang buta aksara Al Qur’an dan mengetahui fiqih salat dengan benar,” harapnya.

 

Khalimatus Sa’diyah

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan