Baca Berita

Ngopi, Ustaz Parman Uraikan Empat Golongan Manusia yang Dirindukan Syurga

Berita

Ngopi, Ustaz Parman Uraikan Empat Golongan Manusia yang Dirindukan Syurga

 

Kemenag Bintan (Humas) – Ngobrol Perkara Iman (Ngopi), ustaz Parman Efendi menguraikan empat golongan manusia yang dirindukan surga. Hal itu disampaikannya saat memberikan tausiyah saat Ngopi di uala Kantor Kemenag Bintan, Ceruk Ijuk, Jumat, 19 April 2024.

 

Giat Ngopi diikuti oleh seluruh ASN Kemenag Bintan. H. Parman Efendi menjelaskan empat manusia yang dirindukan surga, antara lain.

 

Pertama, Ahli Qur’an. Orang yang rajin dan gemar mempelajari Al-Quran sangat dirindukan surga. “Membacanya termasuk ibadah, Al-Qur’an menjadi petunjuk bagi kehidupan manusia. Jika Al-Qur’an sudah menjadi petunjuk, maka dia akan selamat, bahagia dunia dan akhirat.

 

Kedua, orang yang memberi makanan kepada orang yang kelaparan. Sedekah bagi orang yang kekurangan sangat penting karena bisa menyelamatkan kehidupan seseorang. Jika kita memberi makan orang yang berpuasa maka berpahala sama dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala siapapun.

 

“Nabi ketika memasak gulai kambing dia memperbanyak kuahnya agar dapat dibagi-bagi,” kata Parman.

 

"Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik." (HR. Bukhari no. 1413, 3595 dan Muslim no. 1016).

 

Ketiga, orang yang menjalin silaturahmi. Memutuskan silaturahmi merupakan dosa besar. Kekuatan umat Islam berada diikatan silaturahmi. Silaturahmi kadang berat dilakukan meskipun di kalangan keluarga sendiri.

 

Keempat, orang yang berpuasa di bulan Ramadan. Puasa Ramadan hukumnya wajib bagi muslim yang mukallaf. Bagi siapa yang meninggalkan puasa Ramadan tanpa halangan syar'i  maka tidak akan pernah tergantikan meskipun dia berpuasa selama setahun.


Hatiman. 

Bagikan Postingan Ini:
© Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan